Harga OnePlus X, Ponsel Mewah Berlapis Kaca

Advertisement

Harga OnePlus X – Satu lagi pendatang baru yang siap mendominikasi pasar smartphone kelas menengah kebawah, yaitu smartphone bernama OnePlus X. Smartpone berbasis Android Lollipop 5.1.1 ini, siap mengalahkan lawan-lawannya dengan cara menawarkan fitur canggih yang dibalut body premium dengan desain tipis dan lapisan kaca pada sisi depan dan belakang. Selain itu, ponsel pintar ini juga menawarkan desain premium dengan balutan frame berbahan material metal yang mengelilingi setiap lekukan bodynya.

Spesifikasi yang dimiliki smartphone OnePlus X memang tidak berbeda jauh dibandingkan OnePlus One yang terlebih dahulu hadir dipasar Indonesia. Soalnya, keduanya sama-sama mengandalkan chipset Qualcomm Snapdragon 801 sebagai otak dapur pacunya. Namun sayangnya, untuk OnePlus X memiliki processor dengan kecepatan clock speed lebih rendah. Diamana ia memakai processor Quad Core 2.3 Ghz, sedangkan untuk OnePlus One dilengkapi processor Quad Core 2.5 Ghz.

Walaupun clock speednya lebih rendah, namun performa yang dikeluarkan tidak akan jauh berbeda, karena keduanya sama-sama mengadopsi Ram LPDDR3 berukuran 3GB, dan dilengkapi pengolahan grafis GPU Adreno 330. Selain itu, OnePlus juga memberikan slot microSD untuk mempermudah penyimpanan file, mengingat ukuran memori internal yang dimiliki OnePlus X lebih kecil dibandingkan milik OnePlus One. Nah inilah salah satu kelebihan OnePlus X, karena untuk seri OnePlus One dan OnePlus 2 tidak memiliki dukungan memori ekternal.

Dibalik semua kelebihan yang ditawarkan OnePlus, smartphone ini menawarkan harga jual cukup terjangkau. Bahkan bisa dikatakan harganya akan bersain melawan Oppo R7 Lite yang sama-sama mengadopsi body metal dan dukungan spesifikasi canggih lainnya. Bagi anda yang masih penasaran ingin mengetahui kehebatan smartphone terbaru dari OnePlus ini, mari kita simak informasi yang dirangkum tabdroid.com mengenai Spesifikasi dan Harga OnePlus X pada artikel dibawah ini.

Spesifikasi dan Harga OnePlus X

Spesifikasi dan Harga OnePlus X

Spesifikasi dan Harga OnePlus X

1. Spesifikasi OnePlus X

Kartu Sim Dual SIM
Ukuran 140 x 69 x 6.9 mm  / 138
Tipe Layar AMOLED capacitive touchscreen, 5.0 inches 1080 x 1920 pixels (~441 ppi pixel density) + Corning Gorilla Glass 3
Memori Internal 16 GB, microSD up to 128 GB
OS Android OS, v5.1.1 (Lollipop)
Processor Qualcomm Snapdragon 801, Quad-core 2.3 GHz
Ram 3 GB RAM
GPU Adreno 330
Internet HSPA, LTE
Konektivitas Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot, Bluetooth v4.0, GPS with A-GPS, microUSB v2.0
Kamera Belakang 13 MP, 4128 x 3096 pixels, autofocus, LED flash
Kamera Depan 5 MP
Baterai Non-removable Li-Po 2525 mAh

2. Review OnePlus X

Review OnePlus X

Review OnePlus X

Desain Dan Layar

Kita awali dari sektor desain, Smartphone OnePlus X hadir membawa desain premium yang dibuat dengan teknik khusus agar menghasilkan desain body presisi yang terlihat premium saat dipadang dari berbagai sisi. Bahkan ketebalan smartphone ini cuma 6.9 mm dan memiliki rasio body berdimensi 140 x 69 x 6.9 mm serta memiliki berat sekitar 138 gram. Yang menarik dari desain smartphone ini, adalah memiliki lapisan kaca Onyx pada bagian back cover dan frame berbahan metal di sekeliling bodynya.  Selain itu, OnePlus juga menyediakan edisi khusus dengan memakai back cover berbahan ceramic.

Kemudian soal layar, Smartphone ini memiliki layar seluas 5 inci atau lebih kecil dibandingkan OnePlus One dan OnePlus 2 yang mengusung layar 5.5 inci. Walaupun lebih kecil bukan berarti kualitas layarnya dibawah pendahulunya, karena smartphone ini tetap dilengkapi layar berkualitas Full HD 1080 x 1920 yang dioptimalkan oleh panel layar bertipe Super Amoled yang memiliki kerapatan layar 441 ppi. Menariknya lagi, layar OnePlus X juga dilindung Gorilla Glaass 3, sehingga tak perlu khawatir tergores apabila anda tidak melapisnya dengan screen guard.

Hardware dan Software

Smartphone ini berjalan pada sistem operasi buatan OnePlus yaitu OxygenOS. Sistem operasi tersebut diciptakan untuk menggantikan CyanogenOS yang sebelumnya dipakai oleh OnePlus One, dan kali ini OxygenOS yang dipakai OnePlus X rupanya diadapatasi dari Android Lollipop 5.1.1 sehingga lebih stabil, dan kemungkinan akan segera mendapatkan pembaharuan sistem Android Marshmallow. Kemudian untuk komponen hardware yang dibawanya, sudah disediakan Chipset Qualcomm Snapdragon 801 dengan processor berkecepatan Quad Core 2.3 Ghz.

Kinerja processor Snapdragon 801 masih bisa diandalkan, meskipun tergolong jadul karena belum mengadopsi arsitektut 64 Bit. Terlebih, OnePlus X telah dilengkapi Ram berukuran 3GB yang ditambah pengolahan grafis Adreno 330 sehingga peforma mulitaskingnya akan sangat responsif dan memiliki performa grafis 3D terbaik. Lalu untuk sektor memori, sudah disediakan memori internal berkapasitas 16GB dan dukung memori ekternal microSD yang mampu menbaca MicroSD dengan kapasitas memori maksimal mencapai 128GB.

Konektivitas Internet dan Data

Advertisement

Smartphone ini memang sudah dilengkapi dua slot kartu sim, namun sayangnya satu slot yang disediakan merupakan slot berjenis hybrid, atau bisa dikatakan satu tempat dengan slot microSD. Jadi anda harus memilih antara memakai fitur dual sim atau memakai memori ekternal. Untungnya smartphone ini telah mendukung jaringan 4G LTE dan 3G HSDPA sehingga tidak masalah apabila anda hanya memakai satu buah sim card agar tetap bisa memakai memori ekternal untuk menyimpan file berukuran besar kedalam OnePlus X.

Kemudian untuk konektivitas nirkabel yang dimiliki OnePlus X mengandalkan single band Wi-Fi 802.11 b/g/n, Bluetooth v4.0, dan navigasi GPS dengan perpaduan teknologi A-GPS, Glonass, serta Beidou. Sayangnya kabar yang mengatakan bahwa OnePlus X akan memakai teknologi USB Type-C tak terbukti benar, pasalnya smartphone ini masih memakai port MicroUSB 2.0 dengan dukungan USB OTG. Yah memang cukup mengecewakan, namun paling tidah harga OnePlus X lebih murah dibandingkan harga OnePlus 2 yang dilengkapi teknologi USB Type-C

Kamera Depan dan Belakang

Dilanjutnya untuk sektor kamera, pada bagian depan sudah disediakan kamera berlensa 8 MP yang mengadopsi sensor gambar Ominivision yang selama ini dikenal mampu menghasilkan foto selfie dengan gambar tajam meski saat kondisi low light. Apalagi kamera tersebut telah didukung aperture F/2.4, sehingga akan sangat optimal ketika kita pakai berfoto selfie dan berkomunikasi via video call melalui berbagai aplikasi yang disediakan gratis di Google Play Store ataupun toko aplikasi pihak ketiga lainnya.

Sedangkan untuk kamera bagian belakang, memakai lensa berteknologi ISOCEEL dengan aperture F/2.2 dan lensa berkekuatan 13 Megapixel. Sensor buatan Samsung tersebut ternyata belum mampu merekam video beresolusi 4K UltraHD, namun sudah mampu mengabadikan video beresolusi Full HD 1080p@30fps, dan video HD 720p@120fps, sehingga tak terlalu mengecewakan saat dipakai mengabadikan momen-momen berharga setiap harinya. Lalu untuk sektor baterai, sudah ada baterai berkapasitas Li-Po 2525 mAh yang sayangnya tidak bisa kita lepas.

Harga OnePlus X

Harga OnePlus X

3. Harga OnePlus X

Harga OnePlus X Baru Rp 3.999.000
Harga OnePlus X Bekas Rp –
Harga OnePlus X Terbaru Cek Di Sini
Advertisement

Smartphone ini hadir dengan 2 pilihan material body, yaitu versi kaca Onyx dan Ceramic. Sayangnya untuk OnePlus X yang dipasarkan di Indonesia adalah versi Onyx dengan harga resmi sebesar 4 Juta Rupiah. Itupun anda harus menunggu sampai tanggal 12 Desember 2015 apabila tertarik membeli smartphone ini. Sayangnya harga OnePlus X di Indonesia akan lebih mahal dibandingkan harga OnePlus X resmi yang dikeluarkan pihak OnePlus, karena harga resmi smartphone ini di China adalah seharga USD 249 atau setara Rp. 3.3 Jutaan.

Baca Juga : Spesifikasi dan Harga OnePlus Mini hanya di tabdroid.com

Walaupun harga OnePlus X di Indonesia jauh lebih mahal, namun smartphone ini bisa mejadi pengobat lara, setelah OnePlus 2 dipastikan tidak akan dipasarkan resmi di Indonesia karena terganjal masalah perijikan dirjen postel. Semoga hal serupa tak terjadi pada OnePlus X, sehingga smartphone ini bisa dirilis di Indonesia sesuai janji pihak OnePlus yang akan memasarkan smartphone ini pada tanggal 12 Desember 2015 melalui sistem pre-order via Lazada Indonesia.

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply