10 Smartphone Android Tercepat Di Tahun 2016

Advertisement

Smartphone Android Tercepat – Kata cepat tak hanya menggambarkan performa sebuah mobil atau motor, namun juga sebiah smartphone Android. Arti kata cepat menurut kami merupakan gambaran sebuah performa smartphone yang memiliki kinerja mulitasking responsif dan kinerja mobile gaming yang lancar. Nah untuk menghasilkan peforma dan kinerja yang cepat, tentunya dibutuhkan perpaduan komponen hardware terbaik yang disempurnakan oleh stabilitas sistem operasi Android yang secara otomatis perpadu menjadi satu dengan komponen hardware yang diusungnya.

Salah satu cara untuk melihat kecepatan sebuah smartphone Android adalah dengan mengujinya melalui aplikasi benchmark, seperti Antutu, Geekbench, dll. Yupz, ada banyak sekali aplikasi Benchmark yang bisa kita dapatkan secara gratis di Google Play Store, namun yang paling populer dan sering dipakai sebagai acuan untuk menentukan smartphone Android tercepat saat ini adalah aplikasi Antutu Benchmark. Menariknya pihak Antutu sudah merilis 10 daftar smartphone Android tercepat di dunia untuk Quartal ketiga atau bulan Juli sampai September 2015 yang bisa anda lihat pada daftar dibawah ini.

Smartphone Android Tercepat Di Dunia

Smartphone Android Tercepat Di Dunia

Smartphone Android Tercepat Di Dunia

1. Meizu Pro 5 (Skor Benchmark : 76.852)

Rupanya smartphone Android tercepat di dunia bukanlah smartphone buatan Samsung, HTC, LG, ataupun Sony. Melainkan smartphone Android yang dibuat oleh vendor asal Tiongkok yaitu Meizu. Merek berhasil menjadikan Meizu Pro 5 mengkuti kesuksesan Meizu MX4 Pro yang setahun lalu menjadi smartphone dengan performa terbaik versi Antutu. Tak tanggung-tanggung, smartphone ini berhasil meraih skor sebesar 76.852 poin berkat pemakaian chipset Samsung Exynos 7420 yang dipadukan Ram berukuran 4GB. Selain itu, smatphone ini juga dibekali GPU Mali-T760MP8, layar Full HD 5.7 inci, dan perpaduan dual kamera beresolusi 21 MP dan 5 MP

2. Samsung Galaxy Note 5 (Skor Benchmark : 72.156)

Advertisement

Spesifikasi Samsung Galaxy Note 5 yang sama-sama mengadopsi chipset Eynos 7420 dan Ram 4GB, rupanya tak menjadikannya sebagai smartphone Android tercepat didunia, karena smartphone ini masih kalah dari Meizu Pro 5 yang sejatinya memakai spesifikasi hardware sama persis. Namun untuk segi fitur dan kemampuan layarnya, memang jauh lebih unggul Galaxy Note 5, pasalnya smartpone ini telah dilengkapi fitur S-Pen dan layar 5.7 Inci dengan teknologi Super Amoled dan resolusi layar Quad HD dengan kerapatan layar mencapai ~518 ppi. Lalu pada bagian kamera, Note 5 mengadopsi lensa 16 MP dan 5 MP di sisi belakang.

3. Samsung Galaxy S6 Edge Plus (Skor Benchmark : 70.548)

Samsung Galaxy S6 EDGE+

Samsung Galaxy S6 EDGE+

Peringkat ketiga smartphone Android tercepat didunia menuru Antutu, berhasil diduduki oleh Samsung Galaxy S6 Edge Plus dengan skor benchmark mencapai 70.548 poin. Walaupun dari segi spesifikasi hardware sama persis dengan yang dimiliki Note 5, namun nyatanya ada perbedaan skor benchmark mencapai 2000 poin karena disebabkan oleh pemakaian software yang berbeda. Pasalnya Samsung harus mengoptimalkan segi software agar bisa mengoptimalkan kinerja layar lengkung berukuran 5.7 inci yang menjadi kelebihan utama Samsung Galaxy S6 Edge+.

4. Samsung Galaxy S6  (Skor Benchmark : 68.946)

Review Samsung Galaxy S6

Samsung Galaxy S6

Chipset Samsung Exynos 7420 terbukti menjadi chipset tercepat di tahun 2015. Chipset yang didalamnya tersimpan processor Octa Core 64 Bit dengan kecepatan Quad-core 1.5 GHz Cortex-A53 & Quad-core 2.1 GHz Cortex-A57 tersebut, mampu mengoptimalkan kinerja Samsung Galaxy S6 yang memiliki Ram berkapasitas 3GB untuk menghasilkan skor benchmark antutu mencapai 68.946 poin. Walaupun tidak bisa menjadi acuan, namun skor tersebut mampu menggambarkan performa Galaxy S6 yang terbukti memiliki kinerja sangat cepat dan performa sangat responsif.

5. Samsung Galaxy S6 Edge (Skor Benchmark : 67.653)

Review Samsung Galaxy S6

Samsung Galaxy S6 Edge

Layar lengkung berukuran 5.1 inci dengan dipadu komponen hardware terbaik yang didalamnya mengandalkan Chipset Exynos 7420, processor Octa Core 64 Bit, dan Ram 3GB, mampu menghasikan performa menakjubkan bagi Samsung Galaxy S6 Edge. Smartphone ini, berhasil menduduki peringkat kelima smartphone Android tercepat saat ini, karena berhasil meraih skor benchmark antutu mencapai 67.653 poin. Walaupun dari segi skor masih kalah dari Galaxy S6 versi flat, namun performa keduanya tidak akan berbeda jauh, karena sejatinya hanya berbeda dari bentuk layarnya saja.

6. LeTv 1 Pro (Skor Benchmark : 62.520)

LeTv 1 Pro

Jangan heran apabila harga smartphone Android tercepat yang satu ini sangat murah. LeTv membanderol LeTV One Pro dengan harga jual cuma $329 atau sekitar 4.4 Jutaan, padahal didalam smartphone ini sudah ada dapur pacu canggih yang memadukan Ram 4GB dengan chipset Qualcomm Snapdragon 810 sehingga membuatnya mampu menghasilkan skor benchmark antutu mencapai 62.520 poin, dan menempatkannya dibawah Samsung Galaxy S6 Edge menjadi smartphone Android tercepat di dunia. Yang lebih menariknya lagi, rupanya LeTV One Pro juga dilengkapi layar 5.5 inci dengan resolusi 2K.

7. LeTv 1 Max (Skor Benchmark : 61.327)

LeTv 1 Max

LeTv 1 Max

LeTv 1 Max bisa dikatakan menjadi phablet Android tercepat didunia. Smarpthone yang memiliki ukuran layar 6.3 inci tersebut, berhasil mendapatkan skor benchmark antutu mencapai 61.327, berkat perpaduan antara processor Qualcomm Snapdragon 810 dengan Ram 4GB, serta memori internal 32GB. Spesifikasi phablet ini memang sangat tinggi, dan terbukti mampu mengimbangi ukuran layarnya yang besar. Namun yang lebih menarik, rupanya LeTV One Max telah dibekali layar beresolusi Quad HD dan dilengkapi kamera utama 20 Megapixel dengan sensor Sony Exmor RS IMX230

8. Sony Xperia Z5 (Skor Benchmark : 60.946)

Sony Xperia Z5

Sony Xperia Z5

Smartphone Android tercepat di dunia yang kedelapan merupakan smartphone terbaru dari Sony, yakni tipe Sony Xperia Z5. Ponsel berlayar 5.2 inci ini berhasil meraih skor mencapai 60.946 berkat perpaduan hardware berkualitas yang kembali mengandalkan Chipset Snapdragon 810, dan Ram berkapasitas 3GB seperti yang dimiliki Xperia Z3+. Sayangnya harga Sony Xperia Z5 dibanderol sangat mahal dengan harga resmi di Indonesia mencapai 10 Juta Rupiah, sehingga akan sulit bagi kita untuk menjajal ketangguhan smartphone premium asal Jepang ini.

9. Xiaomi Note Pro (Skor Benchmark : 57.163)

Xiaomi Mi Note Pro

Xiaomi Mi Note Pro

Xiaomi Note Pro menjadi salaha satu smartphone tercepat didunia dengan skor antutu benchmark mencapai 57.163 poin. Skor sangat tinggi tersebut tak lepas dari pemakaian chipset Qualcomm Snapdragon 810 yang dipadukan dengan Ram berkapasitas 4GB, sehingga mampu mengeluarkan peforma maksimal untuk menjalankan beragam aplikasi dan game pada layar Quad HD berukuran 5.7 inci. Untuk menjajal ketangguhan smartphone ini, anda harus membelinya langsung di China atau forum jual beli di Indonesia dengan harga sekitar 7 Jutaan, karena Xiaomi tak merilisnya secara resmi di Indonesia.

10. OnePlus 2 (Skor Benchmark : 57.119)

oneplus 2

oneplus 2

OnePlus 2 menempati posisi terbawah 10 smartphone Android tercepat versi Antutu. Smartphone ini mendapatkan skor benchmark tak berbeda jauh dari Xiaomi Note Pro, karena keduanya sama-sama mengadopsi processor Qualcomm Snapdragon 810 yang dipadukan Ram 4GB. Jadi bisa dikatakan processor Snapdragon 810 memiliki performa dibawah Samsung Exynos 7420 yang berhasil menempatkan Meizu Pro 5 menjadi smartphone Android tercepat saat ini. Apalagi banyak kabar miring yang mengatakan bahwa Snapdragon 810 sering mengalami kendala overheat.

Advertisement

Baca Juga :  6 Smartphone Murah Dibawah 1 Juta hanya di tabdroid.com

Seperti yang anda lihat diatas, sudah ada 10 smartphone Android tercepat di dunia berdasarkan hasil benchmark aplikasi Antutu. Walaupun skor benchmark bukan menjadi acuan utama untuk menggambarkan kehebatan sebuah smartphone, namun harapan kami informasi diatas bisa menjadi gambaran bagi anda yang penasaran ingin tahu sebenarnya apa saja smartphone Android tercepat saat ini yang berhasil mendapatkan skor benchmark antutu tertinggi didunia.

Advertisement
Advertisement

Leave a Reply